Sakit Hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi sebenarnya adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi, yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkannya. Tubuh akan bereaksi lapar, yang mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bila kondisi tersebut berlangsung lama dan menetap, timbullah gejala yang disebut sebagai penyakit tekanan darah tinggi.

Hipertensi seringkali disebut sebagai pembunuh diam-diam (silent killer), karena termasuk penyakit yang mematikan, tanpa disertai dengan gejala-gejalanya lebih dahulu sebagai peringatan bagi korbannya. Kalaupun muncul, gejala tersebut seringkali dianggap sebagai gangguan biasa, sehingga korbannya terlambat menyadari akan datangnya penyakit.

Gejala-gejala hipertensi bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala lainnya. Gejala-gejalanya adalah :

– Sakit kepala
– Jantung berdebar-debar
– Sulit bernapas setelah bekerja keras atau mengangkat beban berat
– Mudah lelah
– Penglihatan kabur
– Wajah memerah
– Hidung berdarah
– Sering buang air kecil, terutama di malam hari
– Telinga berdenging (tinnitus)
– Dunia terasa berputar (vertigo)

Cara terbaik memastikan hipertensi adalah dengan melakukan pengukuran tekanan darah. Tekanan darah adalah kekuatan darah mengalir di dinding pembuluh darah yang keluar dari jantung (pembuluh arteri) dan yang kembali ke jantung (pembuluh balik). Karena itu, dokter akan memeriksa tekanan darah dari dua bacaan, yaitu  :

1. Bacaan Pertama

Berupa angka yang lebih tinggi adalah sistolik, tekanan yang terjadi bila otot jantung berdenyut memompa untuk mendorong darah keluar melalui arteri. Angka itu menunjukkan seberapa kuat jantung memompa untuk mendorong darah melalui pembuluh darah.

2. Bacaan Kedua

Berupa angka yang lebih rendah adalah tekanan diastolik, saat otot jantung beristirahat membiarkan darah kembali masuk ke jantung. Angka itu menunjukkan berapa besar hambatan dari pembuluh darah terhadap aliran darah balik ke jantung.

Tekanan darah diukur dengan menggunakan manometer air raksa yang biasa disebut sebagai tensimeter. Ukurannya dalam mmHg (milimeter air raksa).


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pantangan Darah Tinggi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *